Paru-Paru Dunia












rusaknya paru-paru dunia...

earth lung paru-paru dunia
Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan-kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida (carbon dioxide sink), habitat hewan, modulator arus hidrologika, serta pelestari tanah, dan merupakan salah satu aspek biosfer Bumi yang paling penting.

Sebagai fungsi ekosistem hutan sangat berperan dalam berbagai hal seperti penyedia sumber air, penghasil oksigen, tempat hidup berjuta flora dan fauna, dan peran penyeimbang lingkungan, serta mencegah timbulnya pemanasan global. Sebagai fungsi penyedia air bagi kehidupan hutan merupakan salah satu kawasan yang sangat penting, hal ini dikarenakan hutan adalah tempat bertumbuhnya berjuta tanaman.

Tapi fungsi hutan seperti tersebut di atas yang diistilahkan sebagai paru-paru dunia (earth lung) sudah sangat jauh berkurang. Hutan hancur akibat kebakaran hutan, deforestasi hutan untuk perluasan lahan perkebunan, pertambangan maupun pemukiman. Demikian juga illegal loging dan perambahan hutan secara semena-mena.

Sekarang kita bersiap-siap untuk membeli tabung oksigen untuk bernapas.

0 comments:

Poskan Komentar