Google+ (plus), layanan jejaring sosial baru dari Google

Seperti kita tahu, aplikasi jejaring sosial yang paling populer saat ini adalah Facebook. Tetapi beberapa waktu lalu Google mulai memperkenalkan layanan baru “social network” mereka yang baru, Google+ (Google Plus) yang sepertinya ingin bersaing dengan Facebook. Setelah sebelumnya layanan ini baru bisa digunakan melalui sistem invite (undangan), kini Google+ sudah terbuka dan siapa saja bisa bergabung.


Layanan google yang satu ini mulai diperkenalkan tanggal 28 Juni 2011 yang lalu, ketika itu memang baru dibuka secara terbatas, tetapi kini kita sudah bisa bergabung tanpa harus diundang teman yang sudah terdaftar.


Google+, memang baru saja di rilis, sehingga bagi sebagian pengguna mungkin terasa membingungkan. Tetapi jika sudah terbiasa, hal itu harusnya bukan masalah, apalagi fiturnya masih belum sebanyak facebook. Google+ saat ini mempunyai fitur atau layanan sebagai berikut :
  • Circles – Kita bisa membuat grup kita sendiri berdasarkan kiriteria tertentu, misalnya grup keluarga (family), teman sekolah, teman main, dan sebagainya. Setiap grup terpisah satu sama lain, sehingga kita bisa berinteraksi hanya dengan grupp yang kita inginkan.
  • Sparks – Kita bisa memasukkan sebanyak mungkin kata kunci yang menjadi ketertarikan kita (misal olahraga, politik, programming dan sebagainya) kemudian google+ akan memberikan link update konten yang sesuai dengan ketertarikan kita tersebut.
  • Hangouts – Memungkinkan kita untuk langsung berkomunikasi melalui video (live), dengan 10 orang anggota atau teman. Termasuk kemampuan untuk saling sharing video dan melihat youtube, dan chatting via text/tulisan disampingnya.
  • Huddle – Fitur untuk chatting di handphone (mobile phones)
  • Instant Upload – Layanan untuk upload foto atau video secara langsung dari mobile phone ke Google+ untuk kemudian di share
Bagi yang sudah mempunyai account google atau gmail, untuk bergabung mudah saya, setelah login buka https://plus.google.com, tinggal klik saja tombol Sign In. Bagi yang belum punya, untuk mendaftar juga relatif mudah seperti membuat email baru saja.


Setelah terdaftar, dan sudah masuk ke halaman Google+ kita, maka kita langsung bisa mencari teman, invite, menuliskan status, upload foto/video dan lainnya. Silahkan di explore berbagai fitur Google+ dan bandingkan dengan facebook, apakah kira-kira Google+ akan bisa besaing dengan Facebook. Seiring dengan berjalannya waktu, kemungkinan layanan atau fitur Google plus juga akan bertambah, termasuk tips penggunaannya akan banyak beredar di internet

2 comments:

Poskan Komentar