8 Langkah Menjalankan Social Media Marketing

Membuat strategi pemasaran online adalah penting saat Anda membuat keputusan untuk menambahkan social media ke dalam salah satu teknik promosi usaha Anda. Rencana diperlukan untuk menjaga konsistensi langkah, tahu hal penting apa yang perlu diambil dan membantu Anda tetap fokus pada tujuan.
Rencana juga dapat membantu Anda menghemat waktu dengan memastikan Anda melakukan pendekatan yang sistematis kenapa Anda berinvestasi dalam social maketing dan memperluas network. Sisi lain jejaring sosial adalah mampu dengan mudah membawa Anda keluar jalur dan tanpa sadar menghabiskan waktu Anda jika Anda tidak memperhatikan gambaran keseluruhan dari apa yang ingin Anda capai.
8 Langkah Menjalankan Social Media Marketing
Berikut adalah langkah-langkah membangun social media marketing:
Riset Pasar
Lihatlah apa yang tersedia di pasar Anda, apa yang kompetitor lakukan dan cari tahu apakah pelanggan Anda sebenarnya menggunakan media sosial dalam berinteraksi. Jawaban ini dapat membantu Anda menentukan tujuan utama.
Tujuan dan Media Yang Digunakan
Tentukan tujuan utama Anda untuk menggunakan Social Media dan identifikasi berbagai channel social media yang dapat digunakan. Apakah hanya Facebook dan Twitter? Atau masih ada channel lain yang belum dimanfaatkan secara efektif.
Tujuan Umum
Tentukan setidaknya 3 tujuan SMART (Spesifik, Measurable, Attainable, Realistic, Timely) dan buatlah rencana untuk membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Tentukan juga langkah apa yang akan Anda ambil untuk mencapai tujuan tersebut. Hindari kesalahan-kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh banyak marketer dengan melakukan tindakan pencegahan sejak awal.
Konten
Buat perencanaan untuk manajemen konten yang akan dipublikasikan. Apakah berupa posting blog, update tweets, update halaman facebook, atau video youtube. Rencana ini harus mencakup topik yang dituju, seberapa sering frekuensi publikasi dan melalui channel apa saja yang akan dipakai untuk menerbitkan.
Kata kunci
Bagian dari perencanaan konten akan menemukan kata kunci (keyword) yang digunakan oleh pelanggan ketika mencari layanan atau produk yang Anda tawarkan secara online. Jika bisnis Anda memiliki istilah teknis yang jarang dipahami pelanggan, maka pelanggan akan lari ke web lain yang mereka pahami penggunaan istilah-istilahnya. Sangat penting untuk mencari kata kunci yang sering mereka gunakan dan menambahkan kata kunci yang ditargetkan ke konten Anda. Semakin membumi bahasa yang dipakai, semakin besar peluang pelanggan memahami manfaat produk Anda.
Optimalkan
Lihatlah semua platform yang tersedia dan hubungkan mereka bersama-sama untuk membantu Anda menghemat waktu. Misalnya lakukan connection blog Anda dengan twitter dan halaman facebook sehingga ketika sebuah posting blog diterbitkan maka secara otomatis akan ter-update ke situs jejaring sosial tersebut. Pastikan untuk menganalisa perkembangan web statistik sehingga Anda memahami hal apa saja yang secara otomatis masuk ke jaringan Anda.
Catat Track Record
Semakin banyak Anda melakukan pencatatan track record, itulah hasil yang akan Anda dapat di kemudian hari. Mencatat daftar kontak email Anda, daftar teman facebook, jumlah orang yang menyukai halaman facebook, follower twitter, jumlah subscriber dan hasil pencarian Google untuk nama dan kata kunci bisnis Anda. Periksa laporannya setiap bulan dan pantau terus perkembangannya. Baca analisa web Anda dan sesuaikan keyword apa saja yang masih mendukung dan keyword apa yang tidak membawa manfaat.
Jadwalkan Secara Rutin
Luangkan waktu untuk menetapkan jadwal semua aspek rencana Anda dan pastikan semua bekerja pada jalurnya dan sesuai rencana. Tetaplah fokus dan gunakan waktu Anda dengan bijaksana.
Selamat mempraktekkan!

0 comments:

Poskan Komentar