Test Kecepatan Baca Tulis USB Flashdisk dengan SpeedOut

Kini, hampir setiap pengguna komputer memiliki USB Flashdisk, tetapi apakah mereka tahu seberapa cepat flashdisk yang dimiliki tersebut ? Karena sebagian besar ketika ingin membeli sebuah flashdisk, salah satu parameter yang di perhatikan adalah seberapa besar kecepatan baca tulis USB Flashdisk yang dimiliki. Ada banyak program untuk mengetahui hal ini, salah satunya adalah SpeedOut.
SpeedOut merupakan program gratis yang dibuat untuk mengetahui seberapa cepat USB Flashdisk ( temasuk eksternal HDD, USB Stick dll) membaca data dan menulisannya ( Reading speed dan Writing Speed). Reading Speed artinya kecepatan membaca data yang ada di flashdisk, sedangkan Writing Speed artinya kecepatan ketika menulis/copy data ke flashdisk.
Penggunaan sangat mudah, tinggal memilih drive USB Flashdisk yang ada dan klik tombol start, tidak ada tombol yang lain. Hasilnya bisa langsung kita lihat dalam tampilan yang cukup menarik.
Tampilan diatas adalah hasil test dengan Flashdisk Trancend 4GB.
SpeedOut mempunyai beberapa keunggulan dibanding program sejenis, semisal HDD Tune. Beberapa fitur dan keunggulan program ini yaitu :
  • Bersifat portable, hanya satu file exe saja yang langsung dijalankan
  • Tidak perlu format Flashdisk
  • Low level technology, yang memungkinkan mengetahui kecepatan nyata dan tidak terpengaruh oleh file sistem.
  • Antarmuka yang sederhana tetapi cukup menarik dan informatif
  • Penggunaan sangat mudah
  • Data tidak akan terhapus atau rusak ketika proses testing, baik test kecepatan baca maupun tulis
Setelah hasilnya ditampilkan, kita juga bisa meng-copy hasil test melalui klik icon SpeedOut atau tekan tombol Alt+Space. Program ini mempunyai ukuran sekitar 1 MB saja, sehingga cukup mudah didownload. Dapat berjalan di Windows XP, 2000 ,Vista dan juga Windows 7.
Jika anda menggunakan program ini, mungkin hasilnya bisa di copy dan dipaste di bagian komentar dengan menambahkan tipe/merk flashdisk yang digunakan. Sehingga bisa kita gunakan sebagai referensi.

0 comments:

Poskan Komentar