Setting HP Android Sebagai Modem Tanpa Tethering

Selama ini berbagi koneksi internet di handphone ber OS Android selalu menggunakan metode tethering. Baik dengan Wifi Tethering, maupun USB tethering. Memang caranya sangat mudah. Tapi seperti biasa, dibalik kemudahan, ada kelemahannya.
Dengan Wifi tethering, pasti signal yang diterima tidak full karena adanya noise. Sehingga kecepatan berkurang drastis. Dengan USB tethering, memang komputer akan menerima signal full. Tapi, USB tethering hanya berjalan jika internet di HP dalam kondisi aktif. Akibatnya koneksi internet terbagi menjadi dua, yaitu koneksi internet untuk HP itu sendiri, dan koneksi untuk PC. Selain itu, dengan aktifnya 2 jalur internet, internet menjadi lebih lambat dan HP menjadi panas. Ketika USB tethering berjalan, kita juga tidak bisa memount SDCARD ke komputer.
Dari sekian banyak kelemahan itulah, memanfaatkan Android sebagai modem dialup, merupakan pilihan yang sangat tepat. Keuntungannya, SDcard tetap dapat di mount, internet di HP tetap dapat aktif, tapi dapat juga dimatikan agar tidak cepat panas. Dan pastinya koneksi internet jadi lebih cepat  jika internet di HP dinonaktifkan.
Langkah-langkahnya (ditest pada OS Windows 7, device LG Optimus One P500, operator THREE):
1. Install driver HP di komputer. Driver HP biasanya sudah menyertakan driver modem.
Untuk memastikan driver modem sudah terinstall di komputer, klik Start >> klik kanan menu Computer >> Properties >> Device Manager

2. Kalo sudah, colokkan HP ke komputer dengan kabel USB. Sebenarnya bisa dengan bluetooth, tapi akan menyebabkan baterai cepat habis, dan tentu saja, internet berjalan lebih cepat jika menggunakan kabel.
Disini kita tidak memanfaatkan USB debugging, jadi USB Debugging dinonaktifkan. Koneksi data (di HP) dinonaktifkan juga tidak masalah.
Menu USB Debugging bisa dilihat di HP melalui  Setting >> Application >> Development >> USB Debugging.
3. Pada Komputer, klik Start >> Control Panel >> Network and Internet >>Network and Sharing Center  >> Se tup a New Connection or Network >> Set up a dial up connection >> Pilih Modem. Karena HP saya LG, dalam hal ini saya memilih modem LGE Android Platform USB Modem >> Isi form pada  Type the information from your Internet service provider (ISP).
Dial-up Phone Number: *99#

Username: 3data
Password: 3data
Connection Name: THREE (boleh ditulis apa saja)
Ceklist pada Allow other people to use this Connection
Setelah itu klik Connect
Tunggu beberapa detik komputer menghubungkan ke internet, kalo sudah muncul tulisan: You are now connected to the Internet, berarti koneksi sudah sukses.
Berhubung step-step di langkah3 cukup banyak dan saya malas bikin screenshoot, maka saya buat panduan langkah 3 ini dalam bentuk video swf. Cekidot gan.
4. Terakhir, bisa mengkoneksikan, harus bisa memutuskan dong?
Cara memutuskan koneksinya sangat mudah, tinggal klik icon komputer di pojok kiri bawah komputer, kemudian klik disconnect.
Sedangkan untuk mengconnectkan kembali, cukup dengan mengklik tombol connect, kemudian tekan Dial seperti gambar kedua di bawah ini.

0 comments:

Poskan Komentar