Peluang Usaha Bercocok Tanam Sayuran

Berawal dari tadi siang ketika penulis antri di suatu tempat dan melihat acara disalah satu stasiun TV yang mengulas sebuah peluang usaha yang cukup menarik yaitu bisnis bercocok tanam di pekarangan. Ya, menanam berbagai macam sayuran di pekarangan kita ternyata jika benar benar di amati dengan jeli bisa menjadi peluang usaha bisnis yang lumayan profitnya.
Jika di TV tadi saya melihat sebuah tanaman sayur kol yang biasanya di tanam di dataran tinggi, tapi mereka menanam di dataran rendah dengan di akali memakai polibek dan memilih bibit kol serta tanah yang sesuai untuk bisa di tanam di dataran rendah, walaupun harus mengakali sana sini tapi yang membuat saya salut mereka bisa memanfaatkan hal sulit ribet menjadi sebuah peluang usaha yang lumayan profitnya dan ternyata masih jalan sampai sekarang, sepertinya di daerah Depok klao tidak salah lho ya hehehe.
Pada intinya begini, jadi peluang usaha menanam sayuran yang meruoakan kebutuhan pokok bagi masyarakat di Indonesia adalah sebuah bisnis yang menjanjikan, tidak ada matinya dan selalu dibutuhkan oleh masyarakat, entah itu sayur hijau buah atau apapun jenis sayurannya yang memang sudah menjadi konsumsi bagi seluruh kalangan masyarakat. Lalu bagaimana kita memulainya ? jika Anda sama sekali tidak tahu mengenai bisnis ini, ya harus belajar dong .. sudah banyak buku yang mengulas mengenai bagaimana cara bercocok tanam, bisa juga datang ke dinas pertanian coba tanya ke emreka apakah ada acara penyuluhan atau kursus disana, jika ga ada ya dari buku saya rasa sudah cukup jelas. Seuaikan jenis tanah dan luas lahan yang Anda miliki, jika Anda memang serius menyewa lahanpun bisa menjadi salah satu opsi yang bisa dipertimbangakn, bisa bagi hasil antara pemilik tanah dan Anda, jadi tidak harus menyewa lahan dalam jangka waktu tertentu. Sebuah peluang usaha yang menarik bukan ?
peluang usaha menanam sayuran
Bagaimana pemasarannya ? nah untuk yang satu ini sangat penting, karena menyangkut kelangsungan bisnis Anda, pemasaran harus kreatif dan jeli melihat peluang. Salah satunya Anda bisa menawarkan hasil kebun Anda ke beberapa pedagang yang ada di pasar tradisional, berikan harga yang pas dan cocok buat mereka asal Anda juga masih untung. Semakin banyak agen/pedagang yang mengambil hasil tanam sayur ditempat Anda mau ga mau suatu saat nanti usaha Anda ini harus tetap jalan dan malah bisa berkembang. Peluang usaha ini pantas disikapi positif saya rasa, tidak sulit dalam hal pemasarannya, oleh karena itu silahkan pelajari dengan baik dan detail sebelum memulainya, banyak belajar dari mana saja tentang bercocok tanam sayur.
Sebuah peluang usaha yang sungguh menarik, dan bisa berkelanjutan apabila Anda sudah menemukan partner pedagang yang bisa menampung hasil kebun Anda tersebut. Jadi saya rasa patut dicoba peluang usaha ini. Silahan di pertimbangakan dan semoga sukses jika Anda mencobanya.

0 comments:

Poskan Komentar