Mengambil alih hak akses file di Windows Vista/7

Sebelumnya saya pernah menulis tentang cara manual mengubah pengaturan security file atau folder yang tidak bisa di akses di windows vista/7. Meskipun relatif mudah, tetapi jika kita sering mendapatkan file yang tidak bisa di akses di windows 7, maka cara manual cukup memakan waktu. Alternatifnya adalah mengedit registry windows dan membuat menu di klik kanan file, sehingga kita bisa mengakses lebih mudah.
Mengapa meskipun kita login sebagai administrator tetapi kadang tidak bisa mengakses file atau folder yang kita dapatkan dari luar ? Mengenai hal ini, selengkapnya bisa membaca tulisan saya sebelumnya : File/Folder tidak bisa di akses di Windows Vista/7 ?
Untuk bisa mengakses sebuah file yang terkunci seperti diatas, kita sebagai administrator bisa mengambil alih hak akses file tersebut ( take ownership ). Tips mudah adalah dengan mengedit registry, sehingga kita bisa menambahkan menu ketika klik kanan sebuah file/folder.

Untuk menambahkan menu ini, copy paste text berikut di notepad dan simpan dengan ekstensi .reg, misalnya : takeownership.reg.

Windows Registry Editor Version 5.00 [HKEY_CLASSES_ROOT\*\shell\runas]
@=”Take Ownership”
“NoWorkingDirectory”=”"
[HKEY_CLASSES_ROOT\*\shell\runas\command]
@=”cmd.exe /c takeown /f \”%1\” && icacls \”%1\” /grant administrators:F”
“IsolatedCommand”=”cmd.exe /c takeown /f \”%1\” && icacls \”%1\” /grant administrators:F”
[HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shell\runas]
@=”Take Ownership”
“NoWorkingDirectory”=”"
[HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shell\runas\command]
@=”cmd.exe /c takeown /f \”%1\” /r /d y && icacls \”%1\” /grant administrators:F /t”
“IsolatedCommand”=”cmd.exe /c takeown /f \”%1\” /r /d y && icacls \”%1\” /grant administrators:F /t”
Setelah file tersebut di simpan dengan ekstensi REG, selanjutnya jalankan file ini (klik dua kali/double klik), yang akan menampilkan pesan seperti berikut, dan klik saja OK. Jika tidak ingin repot copy paste, download file ini : takeownership.zip ( 1 KB) dan buka zip file kemudian jalankan ( double klik) file InstallTakeOwnership.reg.

Akan muncul informasi bahwa registry sudah di tambahkan, selanjutnya kita bisa mengecek dengan klik kanan sebuah file, maka akan muncul menubaru, yaitu : Take Ownership. Jika kita tidak bisa mengakses sebuah file, maka kita tinggal klik kanan dan pilih menu Take Ownership. Maka kita sebagai administrator akan bisa mengakses file tersebut.
Setelah di klik take ownership, maka ketika di klik kanan > properties dan dilihat di tab security, maka di bagian Groups and username akan berisi Administrator. Artinya administrator bisa mengakses penuh file ini.

0 comments:

Poskan Komentar