Finalize DVD Camcorder Sony VRO File

Sony DCSR-DVD610 secara umum dilakukan di camcorder tersebut pada menu setting lalu finalize. Hal ini dilakukan agar file video yang telah direkam dapat dibaca dan dimainkan di komputer/laptop. File asli memiliki format extension .vro sebagai file media video yang dapat diedit langsung di camcorder, tetapi tidak dapat diedit di komputer/laptop. Agar bisa diedit dan dimainkan di komputer/laptop maka file tersebut harus dilakukan "finalize" dahulu di camcorder.

Kejadian yang menimpa diriku adalah : ketika aku melakukan "finalize" dan hampir selesai, tiba-tiba batre habis. Begitu batre telah di charge, ternyata camcorder telah menganggap file video tersebut telah selesai di-finalize. Kenyataannya ketika dibuka di komputer, file video tersebut masih dalam bentuk .vro aslinya.


Cukup panik juga, mengingat bahwa file video tersebut sangat dibutuhkan mendesak. Aku mencari cara. Ternyata cara melakukan finalize tersebut sangat mudah, hanya membutuhkan sebuah aplikasi/software file video media converter. Kali ini aku memakai "Format Factory 2.60" buatan PCFreeTime.


Cara melakukan Finalize pada DVD Camcorder Sony dengan .VRO File :

  1. Copy file .vro dari dvd ke harddisk komputer
  2. Rename file extension .vro misalnya menjadi .mpg atau .dat
  3. Convert to other video format dengan menggunakan Format Factory. Lakukan konversi file .mpg atau .dat tersebut ke format yg lain.
  4. dah... selesai
  5. done


0 comments:

Poskan Komentar