Tips Merawat Rantai Sepeda Motor Yang Benar


Anda pasti sudah tahu bukan apa itu rantai atau gear? Nah, pada artikel ini saya tidak akan berpanjang lebar  memberikan pengertian apa itu gear ataupun rantai. Karena anda pasti sudah tau. Pada motor baru seperti Honda CBR 250R ataupun sepeda motor baru lainnya, mungkin tidak akan merasakan dampak apa-apa. Tapi pastikan anda teliti dalam membeli rantai atau gear untuk sepeda motor anda.

Alasan Anda Harus Merawat Rantai Sepeda Motor
Merawat rantai sepeda motor secara berkala dan bersamaan dengan pengecekkan ban dan penggantian oli sangatlah penting untuk aktifitas berkendara yang aman. Karena rantai berfungsi untuk memindahkan tenaga dari mesin ke roda motor anda. Jika anda salah dalam melakuka perawatan, maka akan dapat mengurangi kemampuan atau malah dapat merusak sepeda motor anda. Dan tentu saja ini akan sangat berbahaya untuk perjalanan anda.

Resiko Jika Rantai Motor Mengalami Kerusakkan
Hal yang paling sering dilakukan dan tidak disadari oleh para pengendara sepeda motor adalah menggunakan oli bekas sebagai pelumas rantai. Padahal, penggunaan oli bekas sebagai pelumas rantai justru akan mengundang debu untuk menempel pada rantai. hal inilah yang mempercepat keausan pada gear atau rantai dan hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kekuatan rantai motor dan berakibat pada kecelakaan. Oleh karena itu, gunakanlah pelumas khusus untuk rantai motor. Hal ini bertujuan untuk mereduksi keausan rantai dan gir karena adanya gesekan, Selain itu pemberian pelumas dapat membuat umur rantai lebih tahan lama.

Tips Lainnya
Di bawah ini adalah tips lain yang bisa anda lakukan dalam merawat Rantai Sepeda motor yang baik dan benar:
  1. Periksa kekencangan rantai. Apakah kendur atau terlalu ketat. Lakukanlah penyetelan rantai dengan jarak antara 8-11 mM
  2. Gunakan minyak pembersih sebagai pembersih rantai. Atau bisa juga menggunakan solar.
  3. Berikan pelumas pada rantai secukupnya. Jangan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. Minyak yang terlalu banyak bisa menetes ke ban dan bisa mengakibatkan selip.
  4. Penutup rantai yang tidak terpasang dengan baik bisa menimbulkan suara berisik karena gesekan antara rantai dan penutup. Pastikan anda menutupnya dengan baik.
Mungkin itu saja tips yang bisa saya sampaikan. tentu saja masih banyak lagi tips-tips lainnya yang bisa anda cari sendiri di internet. Sekian dan selamat sore.

0 comments:

Poskan Komentar